RSS

KSDA (Terjemah dari Buku Lifes Variety)


BAB 15
AWAL KEHIDUPAN
DAN
KEANEKARAGAMAN DIATAS PELANET
Terbentuknya bumi awal dari kehidupan
Sistim Tata surya kita berasal dari spiral awan nebula (awan gas dan debu batuan dan metalik) yang sangat besar. Matahari terbentuk dari bagian tengah awan nebula. Pada saat awan ini berputar mengelilingi Matahari, awan ini secara perlahan  menjadi rata. Beberapa bagian dari awan ini berputar seperti pusaran arus..
Gas dan debu yang berada di sekitar pusaran ini ikut bergabung. Kumpulan dari gas dan debu ini semakin tumbuh besar dengan menarik berbagai partikel-partikel yang berada di dekatnya. Secara lambat laun kumpulan berbagai partikel yang berputar ini membentuk planet-planet yang mengelilingi Matahari.
Bumi yang terbentuk berupa materi padat tanpa air dan dikelilingi awan gas. Radiasi berbagai material dan meningkatnya tekanan di dalam Bumi secara bertahap menghasilkan panas yang sanggup mencairkan bagian dalam Bumi. Berbagai material berat seperti besi menjadi tenggelam, sedangkan material ringan seperti Silika ( batuan yang terdiri dari silikon dan oksigen ) muncul ke permukaan Bumi dan membentuk lapisan keras kulit Bumi yang pertama.
Panasnya perut Bumi juga menyebabkan zat-zat kimia di dalam Bumi muncul ke permukaan. Beberapa zat kimia membentuk air, dan ada juga yang menjadi gas-gas yang membentuk atmosfere. Selama lebih dari jutaan tahun secara perlahan-lahan air terkumpul di tempat-tempat yang rendah dan membentuk lautan. Daratan berkembang di Bumi, air hujan dan sungai melarutkan garam dan berbagai subtansi dalam batuan dan membawanya ke lautan, sehingga membuat lautan menjadi asin.
Pada suatu saat atmosfer bumi kaya akan molekul zat seperti Metana (CH4), Uap air (H2O), Amonia(NH2), helium dan karbon dioksida (CO2) yang semuanya berbentuk uap. Karena adanya pengaruh energi radiasi sinar kiosmis serta aliran listrik halilintar terjadilah reaksi diantara zat-zat tersebut menghasilkan zat-zat hidup
Bumi pada awalnya mengandung sedikit sekali oksigen. Oksigen di Bumi terutama berasal dari tanaman-tanaman yang menggunakan karbon dioksida untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Dengan semakin banyaknya tanaman yang terbentuk di Bumi  maka jumlah oksigen menjadi semakin banyak
Teori Big Bang
Teori ini menyatakan bahwa semua materi di alam semesta berawal dari suatu massa tunggal dengan kerapatan yang sangat besar, menyerupai sebuah atom raksasa. Dalam keadaan ini alam semesta memiliki suhu dan energi sangat besar. Suatu ledakkan maha dahsyat Dentuman Besar atau Big Bang menceraikan masa tunggal ini untuk membentuk Tahap awal alam
Percobaan yang tak terlihat
bumi ini terbentuk kira-kira antara 4,5-5 miliar tahun yang lalu. Keadaan pada saat awal terbentuknya sangat berbeda denagn keadaan pada saat ini. Pada saat itu suhu planet bumi diperkirakan 4.000-8.000oC. pada saat mulai mendingin, senyawa karbon beserta abeberapa unsur logam mengembun membentuk inti bumi, sedangkan permukaannya tetap gersang, tandus, dan tidak datar. Karena adanya kegiatan vulkanik, permukaan bumi yang masih lunak tersebut bergerak dan berkerut terus menerus. Ketika mendingin, kulit bumi tampak melipat-lipat dan pecah.
Pada saat itu, kondisi atmosfer bumi juga berbeda denagn kondisi saat ini. Gas-gas ringan seperti Hidrogen (H2), Nitrogen (N2), Oksigen (O2), Helium (He), dan Argon (Ar) lepas meninggalkan bumi akrena gaya gravitasi bumi tidak mampu manahannya. Dia atmosfer juga terbentuk senaywa-senyawa sederhana yang mengandung unsure-unsur tersebut, seperti uap air (H2O), Amonia (NH3), Metan (CH4), dan Karbondioksida (CO2). Senyawa sederhana tersebut tetap berbentuk uap dan tertahan dilapisan atas atmosfer. Ketuika suhu atmosfer turun sekitar 100oC terjadilah hujan air mendidih. Peristiwa ini berlangsung selama ribuan tahun. Dalam keadaan semacam ini pasti bumi saat itu belum dihuni kehidupan. Namun, kondisi semacam itu memungkinkan berlangsungnya reaksi kimia, karena teredianya zat (materi) dan energi yang berlimpah.
Timbul pertanyaan, bagaimana proses terjadinya kehidupan dibumi ini ? Pwertanyaan inilah yang mendorong beberapa Ilmuwan untuk mengemukakan pendapat serta melakukan experiment. Di antara Ilmuwan tersebut antara lain Harold Urey dan Stanley Miller
1.    Teori Evolusi Kimia Menurut Harold Urey
Dia menyatakan bahwa pada suatu saat atmosfer bumi kaya akan molekul zat seperti Metana (CH4), Uap air (H2O), Amonia(NH2), dan karbon dioksida (CO2) yang semuanya berbentuk uap. Karena adanya pengaruh energi radiasi sinar kiosmis serta aliran listrik halilintar terjadilah reaksi diantara zat-zat tersebut menghasilkan zat-zat hidup.
Menurut Urey, zat hidup yang pertama kali terbentuk mempunyai susunan menyerupai virus saat ini. Zat hidup tersebut selama berjuta-juta tahun mengalami perkembangan menjadi berbagai jenis makhluk hidup. Menurut Urey, terbentuknya makhluk hidup dari berbagai molekul zat di atmosfer tersebut didukung kondisi sebagai berikut :
a)    kondisi 1 : tersedianya molekul-molekul Metana, Amonia, Uap air, dan hydrogen yang sangat banyak di atmosfer bumi
b)    kondisi 2 : adanya bantuan energi yang timbul dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis yang menyebabkan zat-zat tersebut bereaksi membentuk molekul zat yang lebih besar,
c)    kondisi 3 : terbentuknya zat hidup yang paling secerhana yang susunan kimianay dapat disamakan dengan susunan kimia virus, dan
d)    kondisi 4 : dalam jangka waktu yang lama (berjuta-juta tahun), zat idup yang terbentuk tadi berkembang menjadi sejenis organisme (makhluk hidup yang lebih kompleks).
2.    Eksperimen Stanley Miller
Miller memasukan gas Hidrogen, Metana, Amonia, dan Air. Alat tersebut juaga dipanasi selama seminggu, sehingga gas-gas tersebut dapat bercampur didalamnya. Sebagai pengganti energi aliran listrik halilintar, Miller mengaliri perangkat alat tersebut dengan loncatan listrik bertegangan tinggi. Adanya aliran listrik bertegangan tinggi tersebut menyebabkan gas-gas dalam alat Miller bereaksi membentuk suatu zat baru. Kedalam perangkat juga dilakukan pendingin, sehingga gas-gas hasil reaksi dapat mengembun.
Pada akhir minggu, hasil pemeriksaan terhadap air yang tertampung dalam perangkap embun dianalisis secar kosmografi. Ternyata air tersebut mengandung senyawa organic sederhana, seperti asam amino, adenine, dan gula sederhana seperti ribose
Perkembangan awal kehidupan dan perubahan bumi
Mikroba yang sangat tua hidup hamper 3 miliar tahun dan fosil mengungkapkan bahwa setidaknya lima pembangunan besar terjadi selama periode yang sangat panjang , diikuti oleh tiga tonggak evolusioner organisme multiseluler.
F Kehidupan pertama : 3,8 miliar tahun yang lalu, berbentuk sel batu karang. batu karang ini berisi perbandingan isotop karbon  ( 13 C :14 C) , sama makhluk hidup sekarang.
F Sel autotrof : 3,5 miliar tahun yang lalu, beberapa sel autotrof masih hidup sampai sekarang
F Fotosintesis : 2,8 miliar tahun yang lalu, sebelumnya fotosintesis telah berevolusi 2,8 miliar tahun yang lalu dan oksigen dilepaskan ke atmosfer.
F Peningkatan oksigen : 2 miliar tahun yang lalu, pada periode ini mineral sudah terbentuk yang mengandung miliaran besi.
F Sel Eukariotik : 1,4 miliar tahun yang lalu, fosil dari tahun ini masih ada, mempunyai sel yang besar dan sebuah membrane nucleus, penggabungan genetic.
F Organisme Multiseluler : 670 juta tahun yang lalu, pada  periode ini zaman mikroba sudah berakhir dan giliran metazoan yang muncul.
F Hewan bercangkang : 550 juta tahu yang lalu , ukuran dan aktivitas dari organisme ini meningkat dan oksigen di atmosfiir bertambah.
F Tumbuhan dan hewan : 400 juta tahu yang lalu, pada periode ini atmosfer sangat penting dan 20 persen oksigen terbentuk serta lapisan ozon sudah terbentuk.
Pengklasifikasian keanekaragaman makhluk hidup
Klasifikasi adalah suatu cara memilah-milah  dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan –golongan atau unit-unit tertentu. Klasifikasi makhluk hidup adalah  cara yang sistematik untuk mempelajari makhluk hidup dengan memperhatikan persamaan dan perbedaan ciri yang tampak atau dikenal
klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk  mempermudah, mengenali,  membandingkan,  dan mempelajari makhluk hidup.
Carolus Linnaeus adalah Bapak klasifikasi/bapak taksonomi yaitu tokoh yang menemukan sistem penamaan spesies yang dikenal dengan binomial nomenklatur.
Aturan penulisan nama ilmiah (spesies) menurut binomial nomenklatur adalah ;
  • Berbahasa Latin atau bahasa yang dilatinkan
  • Terdiri dari dua kata
  • Kata pertama adalah genus, kata kedua adalah keterangan spesies
  • Kata pertama diawali huruf besar, kata kedua diawali huruf kecil
  • Dicetak miring atau jika tegak digaris bawah
Urutan takson dari yang tertinggi (terbesar) sampai terendah dan Urutan takson pada hewan dan pada tumbuhan sbb :
F Pada HEWAN : Kingdom, Filum, Kelas, Ordo, Famili, Marga, Spesies
F Pada TUMBUHAN : Kingdom, Divisi, Kelas, Bangsa, Suku, Genus



Study Question
1.    Apa itu big bang ?
Big Bang atau sering disebut Dentuman Besar : Suatu ledakkan maha dahsyat dari suatu masa tunggal.
2.    Dari mana sumber-sumber senyawa organic di bumi berasal ?
Senyawa organic di bumi ini berasl dari spiral awan nebula (awan gas dan debu batuan dan metalik) yang sangat besar seiring terbentuknya tata surya.
3.    Apa peristiwa penting dalam sejarah bumi mungkin telah terjadi dalam periode waktu sbb: 4,6 miliar tahun yang lalu, sekitar 2,8 miliar tahun yang lalu. Sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu ?
F  4,6 miliar yang lalu,  : asal kehidupan atau masih kurangnya oksigen
F  2,8 miliar yang lalu :  fotosintesis atau oksigen dilepaskan ke atmosfir
F  1,4 milir tahun yang lalu : muncul sel eukarotik, terjadi respirasi aerob, mitosis,miosis
4.    Apa kontribusi Linnaeus pada taksonomi ?
Tokoh yang menemukan sistem penamaan spesies yang dikenal dengan binomial nomenklatur.
5.    Definisi spesies ?
Spesies adalah suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu atau gennya serupa.
6.    Daftar kelompok taksonomi berikut dalam urutan paling atas  : family, phylum, species, class, kingdom, ordo, genus.
Taksonomi dari yang tertinggi sampai terendah adalah : Kingdom, Fhylum, Claas, Ordo, Family, Genus, Spesies

terjemah dari buku life's variety

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar